Selasa, 03 Maret 2015 - 11:04:37 WIB
KPU LOMBOK TIMUR MASUK SEKOLAH
Diposting oleh Admin KPU :
Kategori: Berita KPU Kabupaten / Kota - Dibaca: 24215 kali

Selong. Pasca pelaksanaan pemilu nasional yang sukses tahun 2014 lalu, KPU Kabupaten Lombok timur melakukan beberapa kreasi sosialisasi. Salah satunya adalah sosialisasi dengan menyasar sekolah. Kita memiliki angka pemilih pemula yang tinggi, mereka perlu mendapatkan informasi tentang bagaimana pemilu, demokrasi dan pemerintahan. Oleh karena itu kami harus mengunjungi mereka. Demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten Lombok Timur Muhammad Saleh, SIP,MH ketika ditemui tim Hupmas KPU NTB di ruang kerjanya, Jum`at, 20 Februari 2015.

Muhammad Saleh menjelaskan antusiasme adek-adek kita di sekolah SMA atau MA ketika kita mendatangi mereka sangat tinggi. Kami mengadakan pertemuan dengan masuk ke kelas menyampaikan materi seputar system pemilu, pentingnya pemilu, pengenalan penyelenggara pemilu, demokrasi, dan pemerintahan. Rupanya mereka sangat kritis melihat fenomena kepemiluan di lingkungan social mereka. Bahkan beberapa pertanyaan menggelitik muncul, misalnya mereka mengatakan apa kerjanya KPU setelah selesai pemilu.

Pertanyaan-pertanyaan ini harus kita sikapi serius, karena ini menandakan ada pemahaman sebagian publik jika KPU hanya mengerjakan pemungutan suara, setelah itu selesai.  Pemilu itu merupakan proses kerja yang bersiklus, ada pekerjaan periode pra-pemilu, periode pemilu, dan periode pasca pemilu. Seluruh pekerjaan ini harus diinformasikan kepada publik agar publik tidak salah memahami peran KPU, ungkap Saleh.

Sampai dengan saat ini KPU Kabupaten Lombok Timur telah mengunjungi dua sekolah yakni MAN 1 Selong dan SMAN 1 Selong. Dalam kunjungan itu materi disampaikan oleh komisioner KPU Kabupaten Lombok Timur secara bergiliran. Harapannya, masyarakat mengetahui mengenai kepemiluan sejak dini, sehingga pada saatnya nanti mereka menjadi pemilih cerdas dan rasional. Pelajar SMA sederajad merupakan tunas-tunas harapan bangsa yang bisa menjadikan bangsa ini lebih cerdas dalam berdemokrasi.



0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)