, 12 Mei 2017 - 00:00:00 WIB
GAGAS GERAKAN MASYARAKAT SADAR DEMOKRASI, KPU NTB BENTUK KPPD
Diposting oleh Admin KPU :
Kategori: Berita KPU Provinsi NTB - Dibaca: 462 kali

Mataram, NTB - KPU Provinsi NTB kembali lahirkan program inovatif yaitu menggagas Gerakan Masyarakat Sadar Demokrasi. Gerakan social ini digagas dalam bentuk inovasi sosialisasi dan bimbingan teknis kepada masyarakat. Gerakan ini harapkan akan meningkatkan partispasi masyarakat sejak dini dalam pilkada 2018 dan pemilu 2019, jauh sebelum tahapan dimulai, serta untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan demokrasi yang lebih berkualitas pada umumnya.

Gerakan Masyarakat Sadar Demokrasi ini nantinya, KPU Provinsi NTB akan mendorong peran yang lebih proaktif lagi dari kelompok-kelompok masyarakat, dalam hal ini mahasiswa dan pelajar. Karenanya pada tahun 2016 dan 2017 KPU NTB telah membentuk dan memberikan pelatihan kepada Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KPPD). Komunitas inilah yang akan lebih banyak menjalankan peran dalam melakukan pendidikan pemilih di berbagai tempat di wilayah NTB.

Sebagai upaya meningkatkan kapabilitas KPPD ini, KPU NTB melakasanakan Kursus Lanjutan KPPD dari tanggal 9-10 Mei lalu, dengan fasilitator seluruh Komisioner dan Sekretaris KPU Prov. NTB.

Selama 2 hari KPPD yang beranggotakan Pelajar 30 orang Pelajar SMA dan SMK di Kota Mataram serta Mahasiswa Universitas Mataram dan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, diberikan pemantapan materi tentang Pentingnya Partisipasi dalam Pemilu, Prinsip Dasar Pemilu Yang jujur, Adil dan Tidak Diskriminatif, Lembaga Penyelenggara Pemilu, Tahapan Pemilu, Penegakan Hukum dalam Tahapan Pemilu serta Rencana Tindak Lanjut.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Prov NTB Lalu Aksar Ansori mengatakan pada tahun 2016 KPU Prov NTB telah merekrut pelajar dan mahasiswa melalui seleksi yang cukup ketat. "kami menerima banyak sekali peminat, namun kami melihat beberapa yang benar-benar antusias dan intens berkomunikasi dengan KPU NTB. Tentu faktor inilah yang menjadi acuan dalam memilih siapa-siapa saja yang patut untuk menjadi anggota Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi KPU NTB", tutur Lalu Aksar.

Dikatatakannya, KPU Prov NTB tidak bisa berdiam diri terhadap respon positif ini. KPU Prov NTB mengajak KPPD KPU NTB ini untuk merancang sekaligus merealisasikan rencana aksi yang lebih rill. KPPD yang telah terbentuk diharapkan dapat menjadi mitra strategis dan sebagai ujung tombak KPU Prov NTB dalam melaksanakan inovasi sosialisasi kepada masyarakat.

Banyaknya gagasan dan opsi yang ditawarkan oleh KPPD ini merupakan energi positif yang akan menambah aktivitas positif pula bagi KPPD khususnya, dan tentu masyarakat pada umumnya akan mendapatkan multiplayer effect dari pentingnya Pemilu dan Demokrasi.

Sementara itu Sekretaris KPU Prov NTB Mars Ansori Wijaya menuturkan, sejak tahun 2016 KPU NTB terus meningkatkan peran aktif KPPD. Banyak gagasan-gagasan segar dan konstruktif terungkap dari pikiran pelajar dan mahasiswa di Mataram, Sumbawa, Dompu dan Bima terhadap kemajuan pemilu dan demokrasi. Gagasan orisinil mereka lahir ditengah suasana pelatihan yang menyenangkan, bahkan diskusi dilakukan sambil duduk beralaskan lantai ruangan.

Ia berharap dengan peran aktif KPPD dapat meningkatkan kualitas pemilu dan pembangunan demokrasi agar lebih optimal khususnya untuk kaum muda. "KPU Prov NTB membutuhkan tangan-tangan anak muda untuk menyentuh masyarakat yang tidak dapat dijangkau oleh KPU Prov NTB dalam melaksanakan pendidikan pemilih. Semoga dengan adanya KPPD ini dapat melengkapi dan bersinergi dengan KPU NTB untuk menggali ide-ide sosialiasi kepada masyarakat", tandasnya

Setelah melihat gagasan yang telah dipresentasikan oleh masing-masing kelompok KPPD, Mars Ansori merasa yakin KPPD dapat mengimplementasikan agenda dan rencana kerja yang telah disepakati.

"Setelah pengembangan komunitas ini, kami menunggu rencana tindak lanjut masing-masing kelompok untuk disusun dalam bentuk proposal kegiatan sosialisasi kepada KPU NTB agar segera difasilitasi kebutuhan biaya serta narasumber yang dibutuhkan pada saat sosialisasi di masyarakat nantinya.

"Kami berharap kegiatan ini untuk segera direalisasikan dan kami berharap juga nanti pada masing-masing kelompok dapat saling berkolaborasi KPU NTB untuk mencanangkan Gerakan Masyarakat Sadar Demokrasi di level Provinsi", tutupnya.

Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Yan Marli mengatakan "Jika kegiatan dan niat baik Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi KPU NTB ini diukur dengan materi, tentu tidak sebanding dengan yang didapatkan. Namun hal yang tak kalah pennting dari semua ini adalah, KPPD dapat menyelamatkan hak konstitusi warga negara dengan rencana aksinya", imbuhnya

Ia berharap KPPD KPU NTB ini dapat lebih dikenal di tengah-tengah masyarakat NTB serta mampu berkontribusi banyak dalam pendidikan pemilih sehingga semakin banyak masyarakat yang sadar arti pentingnya sebuah pemilu dan demokrasi, tutup Yan Marli.

0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)