, 09 September 2017 - 00:00:00 WIB
RPP LUMBUNG PEMILU KPU KAB. LOMBOK TENGAH DIRESMIKAN
Diposting oleh Admin KPU :
Kategori: Berita KPU Provinsi NTB - Dibaca: 97 kali

Praya, NTB - Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lumbung Pemilu KPU Kab. Lombok Tengah diresmikan oleh Anggota KPU RI Hasym Asy'ari, Rabu (6/9). Hadir dalam acara peresmian Wakil Bupati Lombok Tengah, Ketua KPU Prov NTB, Forkominda, dan komisioner KPU Kab/Kota se NTB.

Dalam Sambutannya Ketua Divisi Hukum Pengawasan KPU RI Hasyim Asy'ari menuturkan dengan adanya Lumbung Pemilu di Kab. Lombok Tengah dapat menjadi Center of Election, bukan berarti pusat kegiatan pemilu semata, tetapi sebagai pusat informasi kepemiluan, sehingga siapapun yang berkepentingan terhadap data, informasi, atau dokumen kepemiluan semuanya tersedia di Lumbung Pemilu ini. "istilahnya one stop service" jelas Hasyim Asy'ari.

Ia tidak lupa mengajak masyarakat Kab. Lombok Tengah untuk berbondong-bondong mengunjungi rumah pintar Lumbung Pemilu.

"Bagi siapapun masyarakat baik itu Guru, pengasuh siswa-siswi di sekolah-sekolah perlu mengajak para muridnya berkunjung ke RPP Lumbung Pemilu untuk bersama-sama membaca data-data pemilu, aturan-auran pemilu dan Dokumentasi Pemilu. Bisa juga datang ke KPU Kab/Kota di seluruh NTB atau datang berkunjung ke KPU Provinsi NTB langsung", tuturnya

Hasym juga menyarankan agar Buku-Buku atau dokumen-dokumen pemilu baik di Kab. Lombok Tengah dan Kab/Kota yang lain di Provinsi NTB agar di scan l menjadi bentuk elektronik atau pdf yang selanjutnya di upload ke website KPU Kab/Kota masing-masing, agar siapapun dari belahan dunia manapun dapat berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu tanpa datang langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi. inovasi-inovasi semacam itu tentu akan bermanfaat bagi suluruh masyarakat, harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Tengah Fathul Bahri mengingatkan menjelang Pilgub NTB tahun 2018, faktor keamanan amat sangatlah penting yang harus tetap dijaga. karenanya regulasi pilkada agar dilaksanakan sebaik-baiknya, karena hal ini sangat berpengaruh kondisifitas daerah khususnya di Bumi Tatas, Tuhu, Trasna.

Fathul Bahri mengapresiasi inovasi KPU Kab. Lombok Tengah dalam menciptakan terobosan pendidikan pemilih kepada masyarakat melalui Rumah Pintar Lumbung Pemilu.

Ia berharap dengan adanya Lumbung Pemilu dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan berdampak positif menumbuhkan kesadaran politik masyarakat Lombok Tengah.

"Dengan adanya Lumbung Pemilu ini semoga tercipta perubahan pola pikir, mainset berfikir yang lebih maju agar mampu memberikan perubahan nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan didaerah kita ini", harapnya.

Sebelumnya Ketua KPU Kab. Lombok Tengah Ari Wahyudi menyampaikan, Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lumbung Pemilu ini merupakan rumah pintar yang ketujuh yang diresmikan di wilayah Provinsi NTB.

"Penamaan Lumbung Pemilu mengandung makna menggerakkan. Lumbung merupakan magnet yang dapat menarik segenap potensi desa, kekuatan yang menerabas gender, agama, dan sosial. Lumbung merupakan kearifan lokal yang melintasi ruang dan waktu untuk bertahan dan untuk terus dipertahankan.

Selain itu makna Lumbung adalah sebuah harapan yang lebih baik, semangat dan optimisme yang diusung dan menghadirkan romantika dari massa ke massa dimana Lumbung tidak boleh kosong dan disemai selalu.

lebih jauh dikatakan, RPP Lumbung adalah suatu wadah dan tempat untuk menyimpan data hasil Pemil pemilu yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat di Kab. Lombok Tengah.

RPP Lumbung Pemilu sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya Pemilu dan Demokrasi. Nantinya KPU Kab. Lombok Tengah dengan RPP Lumbung Pemilunya akan melakukan terobosan untuk memperkenalkan Pemilu dan Demokrasi melalui penayangan Audio Visual, ruang pamer, ruang simulasi dan ruang diskusi.

RPP Lumbung Pemilu KPU Kab. Lombok Tengah dibangun dengan konsep pendidikan pemilih memanfaatkan ruang yang diperoleh dari bangunan untuk melakukan edukasi nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan.

Ia berharap dengan RPP Lumbung Pemilu dapat membentuk generasi bangsa yang dapat menerjemahkan nilai demokrasi, menciptakan pemilih yang cerdas sekaligus dapat melahirkan pemimpin yang berkualitas kedepan.

0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)