DEKLARASI PILKADA BERINTEGRITAS

Foto untuk : DEKLARASI PILKADA BERINTEGRITAS

MATARAM – Seluruh elemen pemuda di Mataram bersekapat mendorong pilkada berintegirtas di tujuh kabupaten/kota di NTB. Gerakan Pemuda Anshor NTB memotori deklarasi pilkada berintegritas dengan melibatkan sejumlah unsur. Deklarasi pilkada berintegritas itu berlangsung di Gelanggang Pemuda, kemarin (24/11).

Kegiatan itu dihadiri Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin, Ketua KNPI NTB H Sulhan Muckhlis Ibrahim, Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori, Bawaslu NTB H Syamsuddin. Hadir juga Kepala Kanwil Kementerian Agama NTB H Sulaiman Hamid, Sekretaris PW NU NTB H Lalu Winengan, perwakilan dari TNI/Polri.

Ketua Gerakan Pemuda Anshor NTB Zamroni Azis menegaskan GP Anshor dan seluruh elemen kepemudaan di NTB mendorong terciptanya pilkada damai. Pihaknya berharap proses politik selama tahapan pilkada berjalan baik dan santun. “Kami mendorong agar semua pihak terutama di tujuh kabupaten/kota untuk menjaga ukhuwah Islamiyah, ukhuwah basariyah, dan ukhuwah wathaniyah,” ujarnya kepada wartawan usai deklarasi pilkada berintegritas.

Pilkada berintegritas menjadi pilihan yang tepat karena dengan begitu dapat mencakup semua aspek. Baik kondusivitas, prilaku, dan yang dihasilkan oleh pilkada. Menurut dia, masyarakat juga harus bertanggung jawab untuk ikut menciptakan stabilitas daerah.

Dukungan aparat keamanan baik TNI/Polri dan jejaring BIN daerah dinilai tidak cukup tanpa ada dukungan masyarakat terutama daerah yang berpilkada. Dia berharap seruan pilkada berintegritas juga dilakukan seluruh elemen pemuda di tujuh kabupaten/kota yang menggelar pilkada.

Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin mengapresiasi komitmen pemuda dalam mengawal demokrasi. Menurut dia, pilkada merupakan momentum strategis bagi pemuda untuk andil menciptakan kondusivitas politik.

Dikatakan, kondusivitas daerah sangat diperlukan untuk menunjang peningkatan pembangunan daerah. Dia berharap komitmen pilkada berintegritas tidak hanya datang dari kalangan pemuda, tapi seluruh partai politik juga andil untuk menciptakan pilkada damai di NTB. “Saya sangat mengapresiasi semangat pemuda dalam menjaga kondusivitas daerah terutama menjelang pilkada. Kami berharap ini juga dilakukan oleh partai politik. Jangan hanya diawal saja, tapi juga ikut mengawal proses pilkada hingga akhir,” papar dia.

Tidak hanya itu, Amin juga mendorong pelaksana pilkada baik KPU maupun Panwaslu untuk ikut menjaga integritasnya. KPU dan Panwaslu harus menjadi wasit yang adil dan tidak menyimpang dari ketentuan perundang-undangan. Dengan begitu, dia optimistis pilkada serentak di NTB berjalan lancar.

Sementara, Ketua KNPI NTB H Sulhan Muchlis Ibrahim mengatakan komitmen pemuda yang menyatakan bertanah air satu tanah air Indonesia merupakan slogan yang mencakup semua hal. Artinya, rakyat Indonesia terutama di NTB tidak lagi terkotak-kotak pada jargon tertentu apalagi mengatasnamakan golongan. “Kita tidak lagi berbicara orang Kediri tidak boleh jadi Wali Kota Mataram atau sebaliknya. Kenapa kita ribut untuk memilih seorang pelayan kita. Mereka itu kan pelayan rakyat,” tegas Sulhan.

Dia pun memberikan tips memilih bagi para pemilih pemula. Salah satunya adalah memilih pemimpin yang memberikan ruang bagi pemuda untuk berekspresi. Bukan pemimpin muda yang justru menutup ruang bagi pemuda mengaktualisasikan diri. Tidak hanya itu, dia juga mendorong masyarakat terutama pemilih pemula untuk memilih pemimpin yang menjamin kebebasan orang untuk menikmati fasilitas selengkap-lengkapnya.

Diakhir kegiatan, seluruh elemen yang hadir dalam kesempatan itu menandatangani kesepakatan pilkada berintegritas. GP Anshor NTB juga menyediakan kain putih untuk ditandatangani masyarakat yang mendukung pilkada berintegritas. (tan/r9)

(Sumber: Lombok Post)

  • LALU AKSAR ANSHORI, SP
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.MPd., M.Pd
    Anggota KPU
  • H. ILYAS SARBINI, SH., MH
    Anggota KPU
  • SUHARDI SOUD, SE
    Anggota KPU
  • HESTY RAHAYU, ST., MM
    Anggota KPU
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • MUHAMMAD TAJUDDIN, S.Sos., MM
    KEPALA SUB BAGIAN TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • RIDWAN, S.Adm
    KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN LOGISTIK
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%
Cukup 0%
Perlu ditingkatkan 0%
 
Aplikasi Android PPID KPU Provinsi NTB
C1 PILEG 2014
C1 PILPRES 2014
Sidalih
E-PPID
E-JDIH
LOGISTIK
Pilkada 2015
website KPU Kota Mataram
KPU LOMBOK BARAT
KPU Lombok utara
KPU Lombok Tengah
KPU Lombok Timur
KPU Sumbawa Barat
KPU Sumbawa
KPU Dompu
KPU Kabupaten Bima
KPU Kota Bima