DUA CALON SEKRETARIS KPU KABUPATEN JALANI UJI KEPATUAN DAN KELAYAKAN

Foto untuk : DUA CALON SEKRETARIS KPU KABUPATEN JALANI UJI KEPATUAN DAN KELAYAKAN

Mataram (30/3/2015). Kekosongan jabatan Sekretaris KPU Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur pasca mutasi dari Pemerintah Daerah setempat, segera mendapat titik teraang mengenai pengisiannnya. Dalam rangka mendapatkan Sekretaris yang memiliki kapasitas, kompeten, professional, dan mandiri. Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan uji kepatutan dan kelayakan. Kegiatan ini bertempat di ruang rapat KPU Provinsi NTB hari Senin, 30 Maret 2015, dari jam 10.30 sampai dengan 15.30 WITA.

Uji kepatutan dan kelayakan dilakukan oleh Baparjakat KPU Provinsi NTB, dipimpin oleh Sekretaris KPU Provinsi NTB Ansori Wijaya, SIP,MM. Hadir sebagai anggota tim penguji Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM, Kabag SDM, Data dan Program, Kabag Umum dan Keuangan, serta Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas.

Adapun calon Sekretaris yang mengikuti ujian kapatutan dan kelayakan adalah Nurhadi Muis sebagai calon Sekretaris KPU Kabupaten Lombok Timur yang sebelumnya bertugas sebagai Kasat Pol.PP Kabupaten Lombok Timur. Calon Sekretaris Kabupaten Lombok Utara diikuti oleh Sukadi, S.Sos, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Camat di Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 maupun Peraturan KPU Nomor 02 tahun 2012 tentang Pola Karier PNS di Lingkungan Sekretariat KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota. Bahwa calon Sekretaris KPU Kabupaten/Kota yang telah dikonsultasikan oleh KPU Kabupaten/Kota kepada Bupati/Wali Kota, selanjutnya diteruskan kepada Sekretaris Jendra KPU melalui KPU Provinsi. Namun demikian untuk mendapatkan Sekretaris yang sesuai kebutuhan KPU, dipandang perlu melakukan uji kepatutan dan kelayakan oleh Tim Baparjakat KPU Provinsi NTB.

Beberapa isu yang berkembang sebagai pertanyaan tim penguji antara lain; gambaran umum tentang kelembagaan KPU, tugas, fungsi dan wewenang Sekretars KPU, makna hirarkhis dalam struktur organisasi KPU, manajemen konflik organisasi, komunikasi internal organisasi, sampai dengan pengembangan SDM dan budaya kerja di organisasi KPU. 

Disamping itu perserta uji kepatutan dan kelayakan juga diminta menceritakan pengalaman kerjanya dalam perjalanan karier mereka sebagai PNS, dan cara pemecahan masalah terkait persoalan organisasi. Khusus calon Sekretaris KPU Kabupaten Lombok utara, tim mendalami berbagai persiapan terkait pemilihan Bupati sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 2015.

Sebelum pelaksanaan tes berakhir tim Baparjakat juga memberikan beberapa saran untuk calon Sekretaris dua kabupaten tersebut dalam ikhtiar KPU memperbaiki kapasitas kelembagaan atau organisasi modern. Sebagaimana diketahui bahwa KPU saat ini sedang mempercepat reformasi birokrasi melalui pengembangan SDM dan budaya kerja. Untuk percepatan program ini dibutuhkan infrastruktur yang memadai. Karena itu tim mengharapkan para calon Sekretaris sebagai ujung tembok organisasi ini segera memiliki rencana kerja yang jelas, terukur dan implementatif. *****

  • LALU AKSAR ANSHORI, SP
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.MPd., M.Pd
    Anggota KPU
  • H. ILYAS SARBINI, SH., MH
    Anggota KPU
  • SUHARDI SOUD, SE
    Anggota KPU
  • HESTY RAHAYU, ST., MM
    Anggota KPU
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • MUHAMMAD TAJUDDIN, S.Sos., MM
    KEPALA SUB BAGIAN TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • RIDWAN, S.Adm
    KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN LOGISTIK
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%
Cukup 0%
Perlu ditingkatkan 0%
 
Aplikasi Android PPID KPU Provinsi NTB
C1 PILEG 2014
C1 PILPRES 2014
Sidalih
E-PPID
E-JDIH
LOGISTIK
Pilkada 2015
website KPU Kota Mataram
KPU LOMBOK BARAT
KPU Lombok utara
KPU Lombok Tengah
KPU Lombok Timur
KPU Sumbawa Barat
KPU Sumbawa
KPU Dompu
KPU Kabupaten Bima
KPU Kota Bima