EVALUASI FASILITASI KAMPANYE PEMILU 2019

Foto untuk : EVALUASI FASILITASI KAMPANYE PEMILU 2019

KPU Provinsi NTB Rabu (14/8) menggelar Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 di Mataram. Sebagai peserta dalam acara ini adalah Pengurus Partai Politik, Tim Kampanye Calon DPD, Ormas, Satpol PP, media massa dan KPU Kabkota se NTB.

Sementara bertindak sebagai Narasumber adalah Anggota KPU Provinsi NTB Divisi Parmas Agus Hilman, Anggota Bawaslu Provinsi NTB Suhardi, Ketua KPID Yusron Saudi, dan Polda NTB.

Dalam forum evaluasi ini seluruh peserta memanfaatkannya untuk mengeluarkan uneg-unegnya, mulai dari ukuran Baligo yang sangat besar, durasi iklan yang sangat pendek, lokasi pemasangan APK, hingga Surat ijin Kampanye yang terlambat dikeluarkan.

Salah seorang perwakilan Partai Politik menyoroti Lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) kurang stategis, sehingga Parpol terpaksa memang APK diluar lokasi yang di SK kan, kendati dibawah bayang-bayang akan ditertibkan oleh Pol PP.

Tim Kampanye Calon DPD mengatakan durasi iklan kampanye yang disiapkan KPU terlalu singkat. Ia juga menyarankan agar pembuatan video dapat difasilitasi oleh KPU agar kualitas gambarnya sama. Termasuk juga ukuran Baligo yang dibuat oleh KPU agar jangan terlalu besar, sehingga gampang dipasang.

Perwakilan Parpol lain mengungkapkan terlalu disiplinnya pengawas terkait STTP Kampanye. "Masak kita hanya bertemu 4-5 orang membutuhkan STTP", katanya.

Dari Media Massa mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap aturan KPU yang membatasi jumlah media untuk penayangan iklan Kampanye. "Biaya penayangan iklan itu kan cukup besar, seharusnya bisa dibagi secara merata ke semua media", harapnya.

Dari Pol PP menyoroti kurangnya anggaran untuk penertiban APK. "kami tentu berlaku adil dalam penertiban APK ini, namun karena biaya yang sangat terbatas, akhirnya kami tidak dapat optimal dalam penertiban APK ini", kata utusan Pol PP.

Berbagai masukan positif dalam Evaluasi itu selanjutnya digodok menjadi sebuah rekomendasi yang akan disampaikan dalam forum evaluasi tingkat nasional, guna penyempurnaan regulasi terkait fasilitasi Kampanye.

Sebelumnya ketika membuka pelaksanaan Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye, Ketua KPU Provinsi NTB Suhardi Soud mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 di NTB terbilang sukses. Itu dibuktikan dengan tingginya partisipasi masyarakat NTB sebagai pemilih.

Alhamdulillah, tingkat partisipasi pemilih di pemilu 2019 secara nasional mencapai 77,5 persen. Sedangkan kita di NTB partisipasinya lebih tinggi lagi,” tuturnya, Rabu 14 Agustus 2019 di Mataram.

Di Nusa Tenggara Barat sebut Suhardi, partisipasi pemilih untuk pilpres sebesar 82,91 persen dan pileg serta DPD partisipasi pemilihnya mencapai 82,75 persen.

Menurut dia, kesuksesan yang dihasilkan pada pemilu serentak 2019 ini, tidak lepas dari kerja divisi sosialisasi dan SDM sambil berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk gencar mengkampanyekan cerdas dan bijak dalam menggunakan hak pilih.

“Jadi memang ini semua berkat dukungan dan kerjasama yang baik. Efektivitas dari sosialisasi pemilu yang sangat baik juga menyasar berbagai lini melibatkan semua kalangan termasuk media massa,” ungkap Suhardi.

“Semoga kolaborasi yang baik ini tetap terus terjalin dan kita semakin baik dimasa yang akan datang,” demikian Suhardi Soud.


  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%