KPU JAMIN LOGISTIK PEMILU AMAN

Selong. Sampai kemarin, kebutuhan logistic untuk pemilu presiden (Pilpres0 2014 memang belum lengkap. Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur optimis logistic pemilu untuk pilpres akan aman. Logistik penting yang belum ada adalah surat suara. Kalau kotak suara dan bilik sudah ada, papar Sekretaris KPU Lotim Haerul Rizal.

Dijelaskan, untuk logistic pilpres, pengadaannya tidak ditangani oleh satu pihak. Misalnya untuk surat suara dan tinta pengadaanya oleh KPU pusat. Sedangkan untuk formulir, segel dan label ditangani oleh KPu Provinsi. Sem,entara KPU Lotim hanya menyiapkan logistic untuk kebutuhan TPS, PPS dan PPK saja. Seperti alat tulis dan triplek untuk menempel pengumuman dan penghitungan perolehan suara di TPS.

Untuk kotak dan bilik suara menurut Rizal sudah tidak ada masalah. Bahkan jumlah kotak dan bilik suara lebih banyak dari kebutuhan. Hal ini disebabkan jumlah TPS pada pilpres lebih sedikit jika dibandingkan pileg lalu. Pada Pilpres jumlah TPS sebanyak 2.017 unit. Jumlah ini lebih sedikit dengan TPS pileg sebanyak 3.077.

Nantinya, masing-masing TPS akan diberikan sebanyak dua buah kotak suara dan empat bilik suara. Selain itu, KPU juga memberikan masing-masing kotak suara untuk PPS dan PPK. KOtak dan bilik suara dari kardus sepertinya tidak dipakai pada pilpres. Ungkap mantan Kabid Pencatatan Sipil Dinas Dukcapil Lotim.

Pihaknya masing menunggu logistic dari pusat berupa surat suara. Dia memperkirakan surat suara akan tiba pada 28 juni mendatang. Setelah itu pada 29 Juni, KPU Lotim akan langsung melakukan pelipatan. Menurutnya, pelipatan surat suara tidak terlalu membutuhkan waktu lama. Karena capres dan cawapres yang bertarung pada pilpres hanya dua pasang. Ukuran surat suara lebih kecil dan mudah dilipat, pungkasnya.

Terpisah anggota Panwaslu Lotim MIftahurrahman berharap logistic suara pilpres tidak mengalami masalah. Dia tidak ingin pada pilres ini ada TPS yang mengalami kekurangan surat suara seperti pada pileg lalu. Untuk itu dia berharap supaya DPT pilpres bisa lebih valid lagi. Pemilih tambahan yang menggunakan yang mengunakan KTP juga harus diantisipasi dengan menyiapkan logsitik acdangan, sebutnya.

Pada Pilpres ini tidak akan terjadi surat suara yang tertukar. Karena saat ini masyarakat hanya memilih presiden dan wapres. Berbeda dengan pileg yang harus memilih DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Selain itu, pada Pileg juga ada daerah pemilihan . Kalau pada pilpres semua daerah akan mencoblossurat suara yang sama, pungkas
  • LALU AKSAR ANSHORI, SP
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.MPd., M.Pd
    Anggota KPU
  • H. ILYAS SARBINI, SH., MH
    Anggota KPU
  • SUHARDI SOUD, SE
    Anggota KPU
  • HESTY RAHAYU, ST., MM
    Anggota KPU
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • MUHAMMAD TAJUDDIN, S.Sos., MM
    KEPALA SUB BAGIAN TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • RIDWAN, S.Adm
    KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN LOGISTIK
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%
Cukup 0%
Perlu ditingkatkan 0%
 
Aplikasi Android PPID KPU Provinsi NTB
C1 PILEG 2014
C1 PILPRES 2014
Sidalih
E-PPID
E-JDIH
LOGISTIK
Pilkada 2015
website KPU Kota Mataram
KPU LOMBOK BARAT
KPU Lombok utara
KPU Lombok Tengah
KPU Lombok Timur
KPU Sumbawa Barat
KPU Sumbawa
KPU Dompu
KPU Kabupaten Bima
KPU Kota Bima