KPU NTB GELAR DIKLAT & UJIAN SERTIFIKASI

Foto untuk : KPU NTB GELAR DIKLAT & UJIAN SERTIFIKASI

Menyongsong pelaksanaan pengadaan Barang/Jasa dan Logistik Pemilu 2014, KPU Provinsi NTB kembali menggelar Diklat Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bagi PNS dilingkungan KPU Provinsi dan Kab/Kota se NTB. Keseluruhan kegiatan Diklat diakhiri dengan Ujian Sertifikasi bagi seluruh peserta. 

Kepala Biro SDM Sekretariat Jendral KPU Dra. Farida Fauziah ketika membuka Diklat mengatakan bahwa pengadaan barang/jasa pemerintah secara efisien, terbuka dan kompetitif sangat penting guna menjamin ketersediaan barang/jasa yang terjangkau dan berkualitas dalam rangka peningkatan pelayanan publik.

Secara Substantif, lanjut Farida, pengadaan barang/jasa pemerintah memiliki peran cukup siginifikan mengingat sekitar 35-45% alokasi APBN setiap tahunnya direalisasikan melalui sistem pengadaan. 

Karena itu, melalui Diklat ini diharapkan akan meningkatkan wawasan aparatur KPU mengenai pengadaan barang/jasa pemerintah, yang mengedepankan penyederhanaan prosedur, mengurangi ekonomi biaya tinggi, mendorong terjadinya persaingan usaha yang sehat, melindungi usaha kecil, meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, dan meningkatkan profesionalisme pelaksana.

Selain itu, diklat ini juga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan aparatur KPU dalam penyusunan Dokumen pengadaan, melakukan evaluasi penawaran harga, negosiasi, penyusunan kontrak serta dalam melaksanaan penerimaan atau pemeriksaan barang/jasa. 

Farida juga mengingatkan bahwa salah satu kelemahan dalam peyelenggaraan pemilu dibanyak Negara adalah manajemen pengadaan barang/jasa yang tidak diberikan prioritas yang cukup dalam proses perencanaan Pemilu. Disamping itu perencanaan awal pengadaan barang/jasa terpisah dari perencanaan aspek pemilu lainnya, atau tanpa keahlian dan akses yang cukup atas informasi yang dibutuhkan.  

Secara tipikal hal ini berakibat pada biaya-biaya yang tidak perlu dan berbagai penundaan, serta diadakannnya barang yang tidak sesuai dan berakibat pada pendistribusian yang kacau, yang pada gilirannya mempengaruhi jalannya Pemilu dan menurunkan kepercayaan publik. Hal-hal seperti ini ingin kita tekan seminimal mungkin agar tidak terjadi lagi pada Pemilu yang akan datang. 

Sementara itu Ketua KPU Provinsi NTB yang diwakili oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Lalu Aksar Anshori menyampaikan bahwa kegiatan Diklat Teknis yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Sumberdaya Aparatur akan terus, namun terlebih dahulu akan dilakukan kajian mengenai Diklat yang paling urgent dan dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas SDM Sekretariat KPU Provinsi dan Kab./Kota.

Aksar Anshori juga menegaskan agar seluruh peserta diklat benar-benar serius mengikuti kegiatan Diklat Pengadaan Barang dan Jasa. Saudara-saudara harus serius dan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan diklat ini, termasuk serius pula mengikuti ujian sertitifikasinya. Jangan hanya pada saat diklat saudara serius, tetapi pada saat ujian sertifikasi saudara terkesan asal-asalan agar tidak lulus. Itu merugikan bagi diri sendiri dan merugikan lembaga, tegas Aksar. 

KPU sangat berharap dari diklat ini akan menghasilkan output berupa sumberdaya manusia aparatur KPU yang semakin berkualitas dan siap menerima tantangan pekerjaan yang semakin berat dan kompleks dimasa depan, pungkas Aksar. 

Peserta Diklat pengadaan barang/jasa pemerintah ini adalah pegawai Sekretariat KPU Provinsi dan Kab/Kota sebanyak 33 orang dengan Narasumber dari LKPP Pusat dan Narasumber daerah dari Dinas PU Provinsi NTB. (anc)

  • LALU AKSAR ANSHORI, SP
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.MPd., M.Pd
    Anggota KPU
  • H. ILYAS SARBINI, SH., MH
    Anggota KPU
  • SUHARDI SOUD, SE
    Anggota KPU
  • HESTY RAHAYU, ST., MM
    Anggota KPU
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • MUHAMMAD TAJUDDIN, S.Sos., MM
    KEPALA SUB BAGIAN TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • RIDWAN, S.Adm
    KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN LOGISTIK
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%
Cukup 0%
Perlu ditingkatkan 0%
 
Aplikasi Android PPID KPU Provinsi NTB
C1 PILEG 2014
C1 PILPRES 2014
Sidalih
E-PPID
E-JDIH
LOGISTIK
Pilkada 2015
website KPU Kota Mataram
KPU LOMBOK BARAT
KPU Lombok utara
KPU Lombok Tengah
KPU Lombok Timur
KPU Sumbawa Barat
KPU Sumbawa
KPU Dompu
KPU Kabupaten Bima
KPU Kota Bima