KPU NTB GELAR SEMINAR PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT BAGI PEMILIH PEMULA

Foto untuk : KPU NTB GELAR SEMINAR PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT BAGI PEMILIH PEMULA

Seminar Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu 2014 Bagi Pemilih Pemula merupakan tema yang diangkat oleh KPU Provinsi NTB dalam mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2014 mendatang. Acara ini digelar di Hotel Grand Legi Mataram dan diikuti sekitar 80 orang peserta yang sebagian besar peserta datang dari kalangan Mahasiswa se NTB.

 

       Antusiasme peserta yang sebagian besar merupakan Mahasiswa PTN maupun PTS se NTB terlihat tinggi, walaupun sebagian kecil mereka ada yang datang tidak sesuai dengan waktu yang tertera dalam undangan dikarenakan pada saat itu ada yang sedang melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) di kampus masing-masing.

 

    Ketua KPU Provinsi NTB, Drs. H. Darmansyah., M.Si. ketika membuka Seminar mengungkapkan kekhawatiranya terhadap trend menurunnya tingkat partisipasi pemilih, padahal salah satu tolok ukur keberhasilan demokrasi adalah tingkat partisipasi pemilih.

 

Penurunan tingkat partisipasi ini harus distop. Sejak saat ini kita harus menanamkan dalam benak diri dan benak masyarakat bahwa pemilu itu penting sebagai media untuk memilih wakil dan pemimpin yang akan memimpin bangsa menuju kearah lebih baik lagi.

 

Konstitusi kita menyebutkan kedaulatan ada ditangan rakyat. Secara substantif, kekuasaan tertinggi ada ditangan rakyat. Dengan demikian, pemilu itu penting dalam rangka mewujudkan agar demokrasi perwakilan itu bisa berjalan.

 

Demokrasi perwakilan masih menjadi yang terbaik, karena tidak mungkin seluruh rakyat berkumpul dilapangan terbuka untuk memilih wakilnya. Yang paling mungkin adalah memilih wakil.  Demokrasi perwakilan inilah yang dilaksanakan oleh negara-negara maju sekarang ini. Karena itu sangat penting mengembangkan pikiran bahwa pemilu itu penting. Inilah jalan kita untuk menuntaskan persoalan bangsa.  Dalam Hal ini, tidak mungkin KPU bekerja sendiri.  Kami ajak semua komponen bangsa untuk aktif mensukseskan pemilu, tandas Darmansyah.

Sementara itu, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi NTB H. Ilyas Sarbini, SH., MH. memaparkan dalam Sistem Pemilu yang dianut di Indonesia, partai politik lah yang berhak mengajukan calon untuk dipilih oleh rakyat.

 

Idealnya partai politik menyeleksi calon anggota legislatif secara berkualitas dan sejatinya dengan cara kaderisasi secara berjenjang dan berkelanjutan , tidak dengan cara yang instant. Rekrutment calon yang dilakukan oleh partai politik seharusnya melalui proses yang mengedepankan nilai demokrasi, yaitu terbuka dan memperhatikan partisipasi masyarakat.

Ketua Bawaslu Provinsi NTB, M. Khuwailid, S.Ag., MH. yang juga sebagai narasumber mengungkapkan Bawaslu diamanatkan oleh undang-undang untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu. Bawaslu berupaya bersama masyarakat mewujudkan Pemilu yang baik dan bermartabat.

Sebagai penyelenggara pemilu,  pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu adalah melakukan pencegahan dan penindakan. Pencegahan dilakukan sebelum dilakukan tindakan. Termasuk penegakan etika peserta pemilu. Karena itu, masyarakat diharapkan dapat membantu Bawaslu dengan berperan secara partisipatif  melakukan pengawasan pada proses pemungutan suara dan penghitungan suara, himbau Khuwailid.

  • LALU AKSAR ANSHORI, SP
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.MPd., M.Pd
    Anggota KPU
  • H. ILYAS SARBINI, SH., MH
    Anggota KPU
  • SUHARDI SOUD, SE
    Anggota KPU
  • HESTY RAHAYU, ST., MM
    Anggota KPU
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • MUHAMMAD TAJUDDIN, S.Sos., MM
    KEPALA SUB BAGIAN TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • RIDWAN, S.Adm
    KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN LOGISTIK
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%
Cukup 0%
Perlu ditingkatkan 0%
 
Aplikasi Android PPID KPU Provinsi NTB
C1 PILEG 2014
C1 PILPRES 2014
Sidalih
E-PPID
E-JDIH
LOGISTIK
Pilkada 2015
website KPU Kota Mataram
KPU LOMBOK BARAT
KPU Lombok utara
KPU Lombok Tengah
KPU Lombok Timur
KPU Sumbawa Barat
KPU Sumbawa
KPU Dompu
KPU Kabupaten Bima
KPU Kota Bima