KPU PROVINSI NTB LAKSANAKAN KURSUS KEPEMILUAN BAGI KOMUNITAS PEDULI PEMILU DAN DEMOKRASI

Foto untuk : KPU PROVINSI NTB LAKSANAKAN KURSUS KEPEMILUAN BAGI KOMUNITAS PEDULI PEMILU DAN DEMOKRASI
Mataram, NTB – Serangkaian dengan Launching Bale Bale Pemilu, KPU provinsi NTB juga melaksanakan Kursus Pengembangan Kapasitas Kepemiluan bagi komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KPPD). Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari yang meresmikan Bale Pemilu KPU Provinsi NTB juga menjadi pemateri utama dalam Kursus yang berlangsung selama 2 hari tersebut. Tema yang dibawakannya adalah Prinsip Dasar Pemilu yang jujur, adil dan tidak diskriminatif kepada seluruh peserta Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi.

Dihadapan para anggota Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi, Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa Program pengembangan Komunitas Peduli Pemilu Dan Demokrasi merupakan ikhtiar untuk melahirkan embrio komunitas yang peduli dengan isu-isu pemilu dan demokrasi. Embrio ini diharapkan tumbuh dan berkembang secara mandiri. Dalam jangka panjang. Entitas ini dapat menjadi mitra strategis KPU dan masyarakat untuk bersama-sama membangun mutu pemilu dan demokrasi.

“Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi ini sangat penting bagi KPU, karena dengan Program ini akan mendorong pertumbuhan dan pemerataan proponen pada isu tersebut di setiap wilayah Indonesia. Akhirnya, mutu pemilu dan demokrasi semakin baik”, jelas Hasyim.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi NTB Lalu Aksar Ansori mengungkapkan, tujuan KPU Provinsi NTB melaksanakan kegiatan Kursus Kepemiluan bagi KPPD di wilayah NTB yakni untuk membentuk dan menumbuhkan embrio komunitas yang peduli dengan isu Pemilu dan Demokrasi, sehingga dapat terbentuk mitra KPU dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pemilu dan demokrasi di wilayah Provinsi NTB.

Ia juga menjelaskan, pada saat tahapan Pemilu atau Pilkada mendatang KPU Provinsi NTB akan membentuk kelompok Relawan Pemilu. Dengan demikian, komunitas ini nantinya dapat menumbuhkan embrio Relawan yang peduli dan sadar tentang isu pemilu dan demokrasi sejak dini, tandasnya

Kursus Kepemiluan diikuti sebanyak 27 orang anggota Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi Provinsi NTB terdiri dari Pelajar, Mahasiswa, kelompok perempuan, dan Disabilitas yang ada di Pulau Lombok.

Kursus ini juga menghadirkan narasumber seluruh Komisioner KPU Provinsi NTB Lalu Aksar Ansori; Yan Marli; Hesty Rahayu; Suhardi Soud; dan Ilyas Sarbini dengan materi kegiatan meliputi Bina Suasana, Prinsip dasar partisipasi dalam pemilu, Prinsip dasar pemilu yang jujur, adil dan tidak diskriminatif, Lembaga penyelenggara pemilu, Tahapan pemilu, Penegakan hukum pemilu, dan rencana tindak lanjut dari Kursus Kepemiluan.***

  • LALU AKSAR ANSHORI, SP
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.MPd., M.Pd
    Anggota KPU
  • H. ILYAS SARBINI, SH., MH
    Anggota KPU
  • SUHARDI SOUD, SE
    Anggota KPU
  • HESTY RAHAYU, ST., MM
    Anggota KPU
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • MUHAMMAD TAJUDDIN, S.Sos., MM
    KEPALA SUB BAGIAN TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • RIDWAN, S.Adm
    KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN LOGISTIK
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%
Cukup 0%
Perlu ditingkatkan 0%
 
Aplikasi Android PPID KPU Provinsi NTB
C1 PILEG 2014
C1 PILPRES 2014
Sidalih
E-PPID
E-JDIH
LOGISTIK
Pilkada 2015
website KPU Kota Mataram
KPU LOMBOK BARAT
KPU Lombok utara
KPU Lombok Tengah
KPU Lombok Timur
KPU Sumbawa Barat
KPU Sumbawa
KPU Dompu
KPU Kabupaten Bima
KPU Kota Bima