PASCA PEMILU KPU TIDAK BOLEH TIDUR

Mataram. Ada anggapan yang salah dari sebagian orang tentang pekerjaan KPU. Mereka melihat pemilu itu hanya berkaitan dengan aktivitas pemungutan suara semata. Padahal dalam sistem pemilu demokratis, aktivitas pemungutan suara hanyalah bagian hilir dari seluruh proses pemilu. Bagian hulunya yang jauh lebih penting adalah mempersiapkan sumber daya pemilu itu, termasuk sumber daya pemilihnya. Maka pasca pemilu komisioner KPU tidak boleh tidur. Demikian pernyataan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan SDM KPU Provinsi NTB Agus, M.Si di ruang kerjanya kemarin (2 Februari 2015).

Hal senada disampaikan oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Suhardi Soud,SE. Menurut Suhardi  dari sisi teknis penyelenggaraan pemilu, proses pemilu itu merupakan proses yang bersiklus tanpa henti. Siklus pemilu itu dikelompokkan menjadi tiga, yakni; periode pra-pemilu, periode pelaksanaan pemilu, dan periode pasca pemilu. Masing-masing Divisi di KPU dapat merancang kerja mereka sesuai periodesasi proses pemilu di atas. Kami berharap teman-teman KPU Kabupaten/Kota terus mencermati anggaran mereka untuk mensinkronkan program sesuai dengan siklus tadi. Demikian dikatakan Suhardi.

Terkait program Divisi sosialisasi pemilu dan partisipasi masyarakat, Agus mencotohkan beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota. Pada saat pasca pemilu seperti saat ini, kata Agus yang dapat dilakukan oleh KPU Kabupaten/kota adalah; merapikan dokumen dan arsip seluruh proses dan hasil pemilu yang lalu, membuat evaluasi mengenai partisipasi masyarakat baik program, tantangan maupun hasilnya. Kemudian melakukan riset tmengenai persoalan-persoalan dalam partisipasi pemilih. Selanjutnya menyusun rencana tindak lanjut hasil evaluasi dan riset tersebut. Hal lain yang harus dilakukan pada periode pasca pemilu menurut Agus adalah membuat identifikasi dan pembangunan jaringan untuk partisipasi masyarakat.

Sedangkan untuk periode pra-pemilu, Agus menegaskan beberapa hal yang dapat dilakukan dibidang sosialisasi pemilu adalah; menyusun bahan civil education, kursus atau kelas civil education, menata atau membentuk pusat pendidikan pemilih, dan pembuatan sarana pendidikan pemilih. Maka pada periode ini program divisi sosialisasi dan pendidikan pemilih lebih memfokuskan diri pada aspek pendidikan pemilih. Ini penting agar literasi politik atau tingkat melek politik masyarakat lebih cepat. Tentu asumsinya kalau literasi politik masyarakat tinggi, maka pemilu juga akan menghasilkan pemimpin-pemimpin politik yang berkualitas dan berintegritas.

Adapun pada periode pelaksanaan pemilu, divisi sosialisasi KPU Kabupaten/Kota dapat melakukan hal-hal sebagai berikut; penyebaran informasi teknis pemilu, penggalangan atau mobilisasi pemilih, dan membangun kemitraan strategis. Maka berbeda dengan periode pra-pemilu yang menitikberatkan perhatiannya pada pendidikan pemilih, pada periode pelaksanaan pemilu titik tekan kita pada sosialisasi pemilu. Kami berharap teman-teman KPU Kabupaten/Kota dapat mempedomani ide ini, kata Agus.*****

  • LALU AKSAR ANSHORI, SP
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.MPd., M.Pd
    Anggota KPU
  • H. ILYAS SARBINI, SH., MH
    Anggota KPU
  • SUHARDI SOUD, SE
    Anggota KPU
  • HESTY RAHAYU, ST., MM
    Anggota KPU
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • MUHAMMAD TAJUDDIN, S.Sos., MM
    KEPALA SUB BAGIAN TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • RIDWAN, S.Adm
    KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN LOGISTIK
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%
Cukup 0%
Perlu ditingkatkan 0%
 
Aplikasi Android PPID KPU Provinsi NTB
C1 PILEG 2014
C1 PILPRES 2014
Sidalih
E-PPID
E-JDIH
LOGISTIK
Pilkada 2015
website KPU Kota Mataram
KPU LOMBOK BARAT
KPU Lombok utara
KPU Lombok Tengah
KPU Lombok Timur
KPU Sumbawa Barat
KPU Sumbawa
KPU Dompu
KPU Kabupaten Bima
KPU Kota Bima