PENDIDIKAN PEMILIH, KPU NTB SASAR MASYARAKAT ADAT

Foto untuk : PENDIDIKAN PEMILIH, KPU NTB SASAR MASYARAKAT ADAT

KPU Provinsi NTB melakukan pendidikan pemilih di kawasan adat di Desa Lenek, Kecamatan Lenek, Lombok Timur (16/2). Sosialisasi pendidikan pemilih ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat adat tentang kepemiluan khususnya Pemilu 2019.
Dengan pendidikan pemilih ini diharapkan masyarakat adat mengambil peran aktif bersama-sama memberikan informasi dan sosialisasi seluas-luasnya kepada masyarakat. Mereka merupakan salah satu elemen penting dalam suksesnya pesta demokrasi kali ini.
Dalam kesempatan itu Anggota KPU Provinsi NTB, Agus Hilman, mensosialisasikan mekanisme dan tata cara mencoblos pada pemilu 2019. Menurut Hilman, pengetahuan tentang tata cara menyoblos yang benar sangat penting bagi pemilih yang datang ke TPS menggunakan hak pilihnya.
“Jangan sampai Anda yang sudah meluangkan waktu datang ke TPS, suara Anda sia-sia karena cara mencoblosnya tidak sah", ungkap Ketua Divisi Sosialisasi, Partisiasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi NTB tersebut.
Salah satu yang disampaikan Hilman adalah sosialisasi tata cara mencoblos yang benar terkait calon yang tidak memenuhi syarat (TMS). Misalkan, calon legislatif yang dicoret dari Daftar Pemilih Tetap karena divonis melakukan Tindak Pidana Pemilu (Tipilu) dengan keputusan pengadilan yang inkrah.
“Jika tetap mencoblos calon yang dicoret, maka suara sah diberikan kepada partainya,” ujar Hilman.
Sementara itu, komisioner KPU Kab. Lombok Timur, Taharudin menyampaikam aspek pentingnya masyarakat adat menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2019.
Tahar meminta agar masyarakat memastikan dirinya memiliki KTP elektronik sebelum tanggal 17 April 2019. UU No. 7 Tahun 2017 hanya memberikan ruang penggunaan hak pilih pada Pemilu 2019 bagi mereka yang memiliki KTP elektronik.
“Apa ada dari bapak ibu sekalian disini yang tidak memiliki KTP elektronik?,” tanya Tahar yang dijawab tidak ada oleh seluruh masyarakat adat desa Lenek yang hadir pada saat itu.
Acara sosialisasi yang melibatkan masyarakat adat Lenek ini diikuti dengan penuh antusias. Mereka berasal seluruh sanggar-sanggar seni yang ada di desa Lenek.
Mahyuddin selaku Ketua Masyarakat Adat Lenek berharap kegiatan ini dapat memberikan pencerahan untuk masyarakat yang dipimpinnya.
“Kami warga adat di desa banyak yang awam. Apalagi Pemilu 2019 ini berbeda dengan pemilu sebelumnya,” kata Mahyuddin sela-sela saat menyampaikan pertanyaan.
Sementara itu, Komaruddin, salah satu peserta yang hadir saat itu, meminta agar seluruh warga adat dan seluruh masyarakat di Lenek untuk tidak golput.
Kegiatan sosialisasi Pemilu 2019 ke kawasan adat tersebut diinisiasi langsung oleh KPU Provinsi NTB dan difasilitasi oleh KPU Kabupaten Lombok Timur. Langkah ini sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pemilih terkait Pemilu 2018.
Dalam sisa waktu sebelum hari pemungutan suara pemilu 2019, KPU NTB akan makin menggencarkan sosialisasi pendidikan pemilih dengan menyasar pemilih pemula, disabilitas, keagamaan, ormas, perempuan, kawasan dengan tingkat partisipasi rendah, kawasan rawan konflik, kawasan bencana, daerah terluar/terjauh dan lain-lain


  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
Bagaimana pendapat Anda terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%