RAKOR FINALISASI PENYUSUNAN RKA-KL TAHUN 2014

Sesuai PP No. 21 tahun 2004 rencana kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL) adalah dokumen perencanaan dan penganggaran yang berisi program dan kegiatan suatu Kementerian Negara/Lembaga yang merupakan penjabaran dari Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana  Kerja Strategis Kementerian Negara/Lembaga (RenstraK/L) yang bersangkutan dalam satu tahun anggaran untuk menjadi pedoman pelaksanaan program dan kegiatan.

            Sebagai sebuah dokumen perencanaan dan penganggaran, RKA-KL KPU Provinsi dan KPU Kab./Kota memang telah berisi program dan kegiatan. Bahkan dalam RKA-KL tahun 2014 anggaran yang dialokasikan untuk mendukung program dan kegiatan sangatlah besar.       

Kendati RKA-KL telah tersusun lengkap, namun kita harus melakukan pencermatan kembali karena bukan tidak mungkin anggaran yang telah dialokasikan belum sesuai dengan kebutuhan dan fakta riel dilapangan yang akan kita hadapi, terutama dalam pelaksanaan program dan kegiatan mendukung pemilu 2014. Demikian dikatakan oleh Ketua KPU Provinsi NTB Drs. H. Darmansyah, M.Si ketika membuka Rapat Koordinasi Finasilisasi Penyusunan RKA-KL Tahun 2014.

            Kita harus berkaca pada pelaksanaan anggaran tahun 2013 yang sedang berjalan. Meski sebelum memasuki tahun anggaran 2013 dulu kita juga melakukan finalisasi penyusunan RKA-KL, namun dalam pelaksanaannya ternyata kita masih saja memerlukan revisi anggaran, karena anggaran yang teralokasi tidak sesuai dengan fakta dan perkembangan yang terjadi di lapangan.

            Berkaca dari pengalaman itulah, dalam Rakor ini kita harus benar-benar meneliti secermat mungkin setiap item kegiatan, apakah kegiatan tersebut sudah lengkap ataukah ada kegiatan yang masih terlupakan sehingga perlu diangkat lagi. Disamping itu, mungkin saja kegiatannya sudah lengkap, tetapi perlu penjabaran yang lebih detail dan komprehensif termasuk pembiayaannya. Hal-hal inilah yang harus dicermati agar pekerjaan pemilu di tahun 2014 tidak lagi terganggu karena ketiadaan atau keterbatasan anggaran.

            Satu hal yang perlu menjadi perhatian, dalam penyusunan  RKA-KL harus memperhatikan rambu-rambu agar tercapai anggaran berbasis kinerja, terang Darmansyah.

            Sementara itu, hasil pantauan Tim Redaksi, RKA-KL Tahun 2014 ditemukan masih perlu disempurnakan. Beberapa indikasi yang terlihat jelas, yaitu: alokasi anggaran yang tidak sesuai dengan jumlah kecamatan dalam setiap Kab./Kota di NTB, tidak teralokasinya anggaran untuk Rapat-Rapat koordinasii Kampanye, tidak teralokasinya biaya honor untuk petugas Linmas pada saat Pemungutan Suara, dan lain-lain.

            Kekurangan tersebut disepakati dijadikan sebagai usulan yang akan disampaikan ke pusat agar dalam DIPA yang akan diterima nantinya semua anggaran tersebut sudah teralokasi.

  • LALU AKSAR ANSHORI, SP
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.MPd., M.Pd
    Anggota KPU
  • H. ILYAS SARBINI, SH., MH
    Anggota KPU
  • SUHARDI SOUD, SE
    Anggota KPU
  • HESTY RAHAYU, ST., MM
    Anggota KPU
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • MUHAMMAD TAJUDDIN, S.Sos., MM
    KEPALA SUB BAGIAN TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • RIDWAN, S.Adm
    KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN LOGISTIK
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%
Cukup 0%
Perlu ditingkatkan 0%
 
Aplikasi Android PPID KPU Provinsi NTB
C1 PILEG 2014
C1 PILPRES 2014
Sidalih
E-PPID
E-JDIH
LOGISTIK
Pilkada 2015
website KPU Kota Mataram
KPU LOMBOK BARAT
KPU Lombok utara
KPU Lombok Tengah
KPU Lombok Timur
KPU Sumbawa Barat
KPU Sumbawa
KPU Dompu
KPU Kabupaten Bima
KPU Kota Bima