SELEKSI ANGGOTA KPU PROVINSI NTB: KPU RI LAKUKAN TES KESEHATAN ROHANI

Foto untuk : SELEKSI ANGGOTA KPU PROVINSI NTB: KPU RI LAKUKAN TES KESEHATAN ROHANI

Pasca penetapan 10 besar Calon Anggota KPU Provinsi NTB sebagai proses akhir pelaksanaan tugas Tim Seleksi ternyata tidak langsung diikuti dengan proses Uji Kelayakan dan Kepatutan oleh KPU RI. Bahkan melalui Surat No. 1058/UND/XII/2013 tanggal 24 Desember 2013 KPU RI mengundang 103 orang Calon Anggota KPU Provinsi NTB untuk mengikuti test Kesehatan Rohani pada tanggal 31 Desember 2013.

Pelaksanaan tahapan seleksi Anggota KPU Provinsi NTB seharusnya dilakukan oleh Tim Seleksi yang telah dibentuk, namun karena masa tugas Tim Seleksi telah berakhir maka pelaksanaan Tes Kesehatan Rohani diambil alih oleh KPU RI dengan difasilitasi oleh Sekretariat KPU Provinsi NTB. 

Sekretaris KPU Provinsi NTB KPU NTB Hj. Desak Putu Yuliastini menyatakan pengambilalihan itu tertuang dalam surat pemberitahuan tentang pelaksanaan tes kesehatan rohani seleksi calon anggota KPU Provinsi NTB nomor 857/KPU/XII/2013 yang ditandatangani oleh Ketua KPU RI Husni Kamil Manik. Dalam surat tersebut ditegaskan bahwa pelaksanaan Tes Kesehatan Rohani oleh KPU RI berlandaskan pada pasal 24 ayat (2) Peraturan KPU No. 2 Tahun 2013 dimana ruang lingkup tes kesehatan itu meliputi tes kesehatan jasmani menyeluruh, rohani, dan bebas narkoba.

     Pantauan redaksi sejumlah Calon Anggota KPU Provinsi NTB yang telah lulus seleksi administrasi sejak tanggal 26 Desember 2013 mulai berdatangan di kantor KPU Provinsi NTB untuk mengambil Surat Undangan mengikuti Tes Kesehatan Rohani, baik yang pada penentuan 20 besar maupun yang sudah ditetapkan masuk dalam 10 besar. Sampai dengan hari terakhir pengambilan undangan pada tanggal 30 Desember 2013, dari 103 orang yang diundang mengikuti Tes Kesehatan Rohani, hanya 80 orang yang mengambil undangan. 

     Sejumlah peserta juga mempertanyakan bagaimana pengaruh tes rohani terhadap penentuan 20 besar dan 10 besar yang telah ada, serta bagaimana tahapan selanjutnya setelah pelaksanaan tes kesehatan rohani. Hj. Yuliastini mengatakan tahapan selanjutnya terkait tes kesehatan rohani menjadi kewenangan penuh KPU RI. Sekretariat KPU Provinsi NTB hanya memfasilitasi pelaksanaan Tes, sedangkan hasil dan tahapan berikutnya akan ditentukan oleh KPU RI. Jadi kita tunggu saja, pungkas Hj. Yuliastini.

    sementara itu, pantauan Redaksi, pelaksanaan Tes Kesehatan Rohani berjalan lancar. Dari 80 orang peserta yang mengambil undangan, 10 orang peserta work out dari ruangan tes pada saat tes rohani berlangsung sehingga hanya 70 orang peserta yang mengikuti tes rohani, dari total 103 orang yang diundang.

 

  • SUHARDI SOUD, SE
    Ketua KPU Prov NTB
  • YAN MARLI, M.Pd., MM.Pd
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • H. SYAMSUDIN
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • AGUS HILMAN, S.Sos., M.Si
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
  • ZURIATI, SP
    ANGGOTA KPU PROVINSI NTB
 
  • MARS ANSORI WIJAYA
    SEKRETARIS KPU PROVINSI NTB
  • I MADE MERTA ARTA, SH., MH
    KEPALA BAGIAN PROGRAM, DATA ORGANISASI DAN SDM
  • BAIQ NELLY YUNIARTI, AP., M.Si
    KEPALA BAGIAN KEUANGAN, UMUM DAN LOGISTIK
  • H. SUHAILI, SH., MH
    KEPALA BAGIAN HUKUM, TEKNIS DAN HUPMAS
  • KIAGUS NOVIAN PRIBADI, ST
    KEPALA SUB BAGIAN SDM
  • NINING WAHYUNI, SE
    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  • ARMIANI BASRI, S.SOS
    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM DAN DATA
  • BAIQ AGUSTINA TRESNADEWI, SH
    KEPALA SUB BAGIAN HUKUM
 
 
 

Polling PPID

Apakah Saudara Puas Dengan Layanan Keterbukaaan Informasi KPU Provinsi NTB : SANGAT PUAS, PUAS, CUKUP, PERLU DITINGKATKAN?

Sangat Puas
Puas
Cukup
Perlu Ditingkatkan

Hasil Polling Web

Sangat Puas 67%
Puas 33%